Dalam menjalankan sebuah usaha, kita tentu membutuhkan strategi agar bisa mencapai target atau tujuan utama kita. Sama halnya ketika Kawan Desa menjalankan bisnis sosial. Kawan Desa tentu akan membutuhkan strategi dan cara yang tepat untuk bisnis Kawan Desa sekalian agar berjalan dengan baik. Namun apakah Kawan Desa menerapkan strategi dan manajemen usaha di bisnis sosial Kawan desa sekalian dengan tepat?

Oleh karena itu, AKM menghadirkan seri Strategi dan Manajemen Usaha dalam Forum Belajar ini untuk menjawab kebutuhan kawan desa sekalian. Dalam seri ini, kawan desa akan mempelajari tentang rencana bisnis, value chain analysis, mengelola SDM, penciptaan nilai, teknik presentasi, pitching, hingga LFA/monev.

Di sini, kawan desa akan dibimbing langsung oleh para mentor AKM yang ahli dalam strategi dan manajemen. Kawan desa juga bisa belajar dan berdiskusi dengan para mentor kami. Sebelum memulai, pastikan kawan desa telah mendaftarkan diri dalam Forum Belajar pada seri Startegi dan Manajemen Usaha ya. Jika kawan desa sudah siap, mari kita mulai sekarang!

Daftar Isi

BY: Iswanto
Pitching 15 Menit

Kawan desa, memiliki ide yang bagus merupakan hal yang sulit. Namun meyakinkan pihak lain bahwa ide yang kawan desa miliki merupakan ide yang bagus merupakan hal yang lebih sulit. Di setiap bisnis, menyampaikan ide kepada pihak lain agar pihak tersebut bersedia melakukan sesuatu kepada kawan desa disebut pitching.

Baca selengkapnya
BY: Iswanto
Pitching 15 Menit

Bagaimana cara kawan desa mengenalkan diri agar audiens terus mengingat kawan desa? Tipsnya adalah memastikan ide besar usaha kawan desa tersampaikan kepada audiens. Ketika audiens telah mengenal ide besar dari kawan desa, maka lebih mudah bagi kawan desa untuk menarik hati audiens. Lantas bagaimana cara mengenalkan diri dan ide besar tersebut?

Baca selengkapnya
BY: Iswanto
Pitching 15 Menit

Ketika kawan desa berhasil mengenalkan diri dan meraih perhatian dari audiens, jangan merasa bahwa tugas kawan desa cukup. Meraih perhatian dari audiens hanya setengah dari pekerjaan kawan desa. Tugas kawan desa selanjutnya adalah menciptakan tensi dari audiens. Tensi berperan dalam menembakkan “sesuatu” ke dalam otak audiens agar mereka benar-benar memperhatikan kawan desa.

Baca selengkapnya
BY: Iswanto
Pitching 15 Menit

Ketika kawan desa berhasil menciptakan rasa tertarik dan tensi dengan audiens, kawan desa telah siap untuk menyampaikan inti dari pitching. Kawan desa harus tetap bekerja keras di bagian ini. Tidak peduli seberapa keras kawan desa bekerja, audiens akan menekanmu dan kamu akan merasakan kekhawatiran. Sehingga penting bagi kawan desa untuk bersiap menghadapi hal ini. Jika kawan desa telah memiliki keberanian tersebut, maka saatnya untuk menawarkan kesepakatan kepada audiens dari kawan desa.

Baca selengkapnya
BY: Iswanto
Pitching 15 Menit

Kunci keberhasilan dari pitching kawan desa adalah membuat audiens menyukai kawan desa sedari awal, sehingga di akhir nanti audiens akan berkata “Iya” terhadap ide yang kawan desa tawarkan. Mempengaruhi emosi dari audiens ini berpengaruh penting terhadap kesuksesan dari pitching kawan desa sehingga kawan desa perlu mengenal apa yang disebut hot cognitions. Hot cognitions artinya menceritakan sesuatu yang dapat membuat audiens menyukai kawan desa.

Baca selengkapnya