Sepertinya kawan desa sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah desa wisata? Memang istilah desa wisata sekarang ini seringkali muncul di berbagai media massa, bahkan di media daring. Apalagi model desa wisata ini juga sudah mulai banyak diterapkan di banyak desa di Indonesia. Ada desa wisata yang menggunakan alam sebagai daya tariknya, ada yang menggunakan budaya, dan ada pula yang membuat sendiri daya tarik tersebut dari hasil kreatifitas masyarakatnya.

Tapi apakah kawan desa juga tahu mengapa desa wisata ini muncul dan banyak direplikasi serta dimodifikasi oleh banyak desa di Indonesia? Seberapa penting desa wisata itu bagi kemajuan masyarakat? Bagaimana cara yang harus dilakukan supaya bisa membangun desa wisata? Apa sajakah tahapan-tahapannya? Untuk itulah materi ini dibuat agar kawan desa semakin mengetahui tentang desa wisata. Mari kita belajar bersama dan diskusikan secara lebih lanjut dengan mengikuti ulasan-ulasan materi lanjutan pada sesi berikutnya.

Daftar Isi

BY: Sugeng Handoko
desa wisata 4 Menit

Agaknya Kawan Desa sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah desa wisata? Memang istilah desa wisata sekarang ini seringkali muncul di berbagai media massa, bahkan di media daring. Apalagi model desa wisata ini juga sudah mulai banyak diterapkan di banyak desa di Indonesia. Ada desa wisata yang menggunakan alam sebagai daya tariknya, ada yang menggunakan budaya, dan ada pula yang membuat sendiri daya tarik tersebut dari hasil kreatifitas masyarakatnya. Tapi apakah kawan desa juga tahu mengapa desa wisata ini muncul dan banyak direplikasi serta dimodifikasi oleh banyak desa di Indonesia? Seberapa penting desa wisata itu bagi kemajuan masyarakat? Bagaimana cara yang harus dilakukan supaya bisa membangun desa wisata? Apa sajakah tahapan-tahapannya? Untuk itulah materi ini dibuat agar Kawan Desa semakin mengetahui tentang desa wisata. Mari kita jawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan memahami ulasan-ulasan berikutnya. Namun pada pembahasan ini, akan disampaikan terlebih dahulu terkait pentingnya membangun desa dengan cara mengembangkan suatu model desa wisata.

Lihat selengkapnya
BY: Sugeng Handoko
desa wisata 4 Menit

Setelah kawan desa mengetahui pentingnya pengembangan desa wisata, maka pembahasan ini akan lebih mengarahkannya pada penjelasan mengenai jenis-jenis desa wisata. Materi ini menjadi penting untuk dipahami karena dapat dijadikan bekal awal ketika kawan desa telah berhasil mengidentifikasi potensi daya tarik wisata yang ada di desamu dan akan menjadikannya sebagai cikal-bakal mengembangkan desa wisata. Oleh sebab itu, mari kita bahas bersama pada ulasan materi berikut ini!

Lihat selengkapnya
BY: Sugeng Handoko
desa wisata 4 Menit

Setelah kawan desa mengetahui fungsi dari daya tarik wisata dalam menentukan jenis desa wisata, maka materi ini akan membahas beberapa tahapan yang perlu dilakukan ketika kawan desa akan mengembangan suatu desa wisata. Materi ini menjadi penting dikarenakan dapat menjadi panduan atau setidaknya gambaran besar yang dapat menuntun kawan desa selama proses pengembangan desa wisata. Oleh sebab itu, mari kita bahas secara lebih lanjut dengan memahami ulasan materi berikut ini!

Lihat selengkapnya
BY: Sugeng Handoko
desa wisata 4 Menit

Pembahasan ini dapat dikatakan sebagai pendalaman materi dari tahapan-tahapan pengembangan desa wisata yang sebelumnya telah dibahas, terutama terkait tahap membangun jaringan. Pelaksanaan desa wisata tentu akan lebih terjamin keberlangsungannya apabila memiliki jaringan yang luas. Jaringan ini pula yang nantinya akan menentukan bentuk kolaborasi dengan berbagai pihak lainnya yang berkepentingan. Sehingga semakin menjamin keberlangsungan dan keberlanjutan dari pelaksanaan desa wisata itu sendiri. Oleh sebab itu, mari kita bahas materi tentang pentingnya kolaborasi dalam pengembangan desa wisata tersebut dengan mengikuti ulasan-ulasan berikut ini!

Lihat selengkapnya
BY: Sugeng Handoko
desa wisata 4 Menit

Setelah sebelumnya kawan desa mempelajari terkait model kolaborasi dalam mengembangkan desa wisata, maka pada materi kali ini akan dibahas mengenai unsur-unsur yang membangun desa wisata itu sendiri. Materi ini juga akan menjadi penting bagi kawan desa karena merupakan unsur-unsur yang mendasari proses pengembangan desa wisata itu sendiri. Ketika unsur-unsur ini tidak dimaksimalkan dengan baik, maka akan sulit bagi Kawan Desa untuk mengembangkan desa wisata yang maju dan sukses. Untuk itulah mari kita bahas secara lebih lanjut dengan menyimak ulasan-ulasan berikut ini!

Lihat selengkapnya
BY: Sugeng Handoko
desa wisata 4 Menit

Setelah kawan desa mempelajari unsur-unsur dalam pengembangan desa wisata, maka pada materi ini akan dijelaskan terkait Sapta Pesona sebagai prinsip yang harus ada di dalam aktivitas wisata. Materi ini menjadi penting untuk kawan desa pelajari karena dapat membantumu dalam menciptakan lingkungan yang mendukung bagi para wisatawan. Sehingga apabila Sapta Pesona ini dijalankan dengan sebaik-baiknya, maka akan dimungkinkan wisatawan yang datang ke desa wisata kamu menjadi terus bertambah. Untuk itu mari kita bahas materi ini dengan menyimak ulasan-ulasan berikut ini!

Lihat selengkapnya