Seorang sociopreneur tidak hanya memikirkan cara untuk mendapatkan keuntungan semata, namun juga mencari solusi atas permasalahan sosial yang ada dengan melakukan pemberdayaan masyarakat melalui usaha yang dijalankannya. Oleh sebab itu, materi pemberdayaan masyarakat mutlak diperlukan Kawan Desa agar mampu menjalankan bisnis sosialnya dengan baik.

Dalam seri ini, Kawan Desa akan diajak belajar dan berdiskusi bersama dengan para mentor yang ahli di bidang pemberdayaan masyarakat melalui materi tentang assessment, pemberdayaan masyarakat lokal, teknik fasilitasi, modal sosial, masalah sosial, kewiralembagaan, dan manajemen konflik.

Apakah Kawan Desa sudah siap belajar dan berdiskusi bersama para mentor tentang pemberdayaan masyarakat? Pastikan dirimu telah terdaftar dalam Forum Belajar seri Pemberdayaan Masyarakat dan mari kita mulai sekarang!

Daftar Isi

BY: Sugeng Handoko
Permberdayaan 15 Menit

Kawan desa perlu memahami berbagai pendekatan yang selama ini berkembang dalam pemberdayaan masyarakat. Pada bagian ini, kawan desa akan menambah wawasan tentang berbagai pendekatan yang dapat digunakan dalam usaha sosial kawan desa.

Baca selengkapnya
BY: Sugeng Handoko
Permberdayaan 15 Menit

Pada bagian ini kawan desa akan belajar tentang bagaimana hubungan pemberdayaan dengan right-based approach atau pemberdayaan yang berbasis pada hak dasar. Selanjutnya, prinsip apa saja yang perlu diperhatikan dalam proses pemberdayaan agar mampu memenuhi hak dasar setiap orang dalam kelompok akan kita pelajari di sini.

Baca selengkapnya