Pemberdayaan masyarakat merupakan ide baru untuk mencapai kesejahteraan. Mencoba melihat lebih luas, sebuah pemberdayaan tidak melulu berbicara pada dimensi ekonomi, tapi juga sosial, politik, dan budaya. Pendekatan yang dilakukan pun berbeda, kelompok rentan dituntut berpartisipasi aktif dalam proses pemberdayaan dari hulu sampai hilir. Tujuannya yakni mereduksi tingkat ketergantungan masyarakat terhadap bantuan-bantuan program pemberdayaan masyarakat. Maka, kesejahteraan yang dicapai berkelanjutan.

Penting untuk kawan desa memahami pemberdayaan masyarakat secara utuh dalam menjalankan kewirausahaan sosial. Pada materi pemberdayaan masyarakat, kawan desa akan belajar tentang konsep pemberdayaan, pemetaan sosial, teknik fasilitasi, manajemen konflik, dll. Materi ini akan dibuka dengan segmen ragam dimensi pemberdayaan masyarakat, dan akan diteruskan dengan segmen yang lain. Maka jangan lupa terus pantau website Akademi Kewirausahaan Masyarakat ya!

Daftar Isi

BY: Tim AKM
pemberdayaan masyarakat 4 Menit

Kawan desa perlu memahami berbagai pendekatan yang selama ini berkembang dalam pemberdayaan masyarakat. Pada bagian ini, kawan desa akan menambah wawasan berbagai pendekatan yang dapat digunakan dalam usaha sosialnya.

Lihat selengkapnya