Manajemen dan Kepemimpinan

Mengelola sebuah perusahaan sama dengan mengelola organisasi, yang mana merupakan hal yang kompleks. Dibutuhkan seorang sosok pemimpin yang dapat membawa organisasi perusahaan mencapai tujuan. Kawan desa sebagai pemimpin perusahaan sosial harus memiliki keterampilan, pengetahuan, serta kemampuan manajerial.

Menurut Jones dan George (2016) manajemen didefinisikan sebagai aktivitas perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan pengawasan dari manusia dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif. Sedangkan menurut The National Occupational Standards for leadership and management mencetuskan lima fungsi besar dari seorang pemimpin atau manajer, yaitu memberi arahan, bekerja dengan orang-orang, memanfaatkan sumber daya, memfasilitasi perubahan dan mencapai hasil. Dari kedua definisi tersebut dapat kita simpulkan bahwa manajemen perusahaan adalah soal pengelolaan manusia. Artinya kawan desa akan sulit mencapai tujuan-tujuan yang besar apabila gagal dalam mengelola sumber daya yang ada, terutama sumber daya manusia.

Manusia adalah makhluk yang kompleks sehingga membutuhkan keterampilan manajerial untuk mengelolanya. Perusahaan sosial kawan desa membutuhkan pemimpin yang memahami kompleksitas, menanggapi ketidakpastian lingkungan, dan membuat keputusan yang etis dan efektif. Mempelajari ilmu manajemen dapat membantu kawan desa untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Berikut adalah kualitas pemimpin yang baik untuk perusahaan sosial menurut European Social Entrepreneurs:

1. Memiliki visi

Kawan desa harus memiliki pandangan terkait ke mana perusahaan sosial akan dibawa, misi sosial apa yang akan dipecahkan di masa depan, dan bagaimana untuk menyelesaikan misi tersebut dengan strategi dan keputusan yang baik.

2. Mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam diri

Seorang wirausaha sekaligus pemimpin biasanya berfokus terhadap misi-misi di luar dirinya yang ingin ia selesaikan, akan tetapi jangan lupa bahwa kawan desa juga harus terus mengembangkan jiwa kewirausahaan karena untuk sukses dalam jangka panjang kawan desa harus terus melatih diri untuk memiliki pola pikir yang semakin besar.

3. Karakter yang baik

Karakter seorang pemimpin akan semakin terlihat apabila mereka menghadapi situasi yang sulit. Nah, apakah kawan desa sudah merasa memiliki karakter yang baik dalam menghadapi tantangan bisnis?

4. Memiliki komitmen

Membangun sebuah perusahaan sosial bukanlah proses yang instan, tentu akan sangat banyak tantangan yang akan kawan desa hadapi. Oleh karena itu dibutuhkan komitmen dari kawan desa. Komitmen dari kawan desa akan turut mengajak orang lain untuk yakin pada ide bisnis sosial kawan desa. Sebagaimana kaitannya dengan pengelolaan perusahaan sosial, karyawan yang kawan desa miliki pun akan percaya apabila kawan desa memiliki komitmen yang kuat.

5. Mampu membuat keputusan

Para pemimpin besar terkadang membuat keputusan yang tidak populer atau tidak disukai orang lain akan tetapi ia yakin bahwa keputusannya adalah benar dan terbaik. Pengambilan keputusan yang baik didasar kejelian meliat peluang dan sumber daya yang dimiliki.

6. Komunikasi

Kawan desa harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa meyakinkan idenya kepada orang-orang yang berbeda dengan cara komunikasi yang bermacam-macam. Orang lain tidak akan mengikutimu apabila mereka tidak tahu ke mana arah yang akan kamu tuju.

7. Kompetensi

Kawan desa sebagai seorang pemimpin harus memiliki kesadaran untuk terus menerus meningkatkan kemampuan diri dan belajar. Belajar tanpa henti akan membuka pemikiran kawan desa terhadap ide-ide baru ataupun masalah-masalah sosial baru yang dapat kawan desa selesaikan melalui bisnis sosial.

8. Membantu kesuksesan orang lain

Pernah mendengar kutipan dari Tom Peters “leaders don’t create followers, they create more leaders” ? Sebagai pemimpin dari perusahaan sosial, kawan desa harus berpikir untuk menciptakan pemimpin-pemimpin baru. Pemimpin-pemimpin baru itulah yang nantinya akan turut menjadikan perusahaan sosial kawan desa menjadi semakin besar dan berkembang. Ciptakan tim yang produktif dengan memberi pelatihan, inspirasi serta motivasi.

 

Referensi

Jones, Gareth R., George, Jennifer M. (2016), Contemporary Management, 9th ed, New York: McGraw-Hill Education

LEADERSHIP AND MANAGEMENT IN SOCIAL ENTERPRISES (2017) oleh European Social Entrepreneurs.

  • BY: Adli Food
    11 months ago

    Manajemen dan Kepemimpinan

    Menurut saya yang terpenting dari seorang pemimpin yang baik adalah memiliki visi yang jelas untuk perusahaannya, mampu berkomunikasi secara lugas dan baik dengan patner, konsumen maupun karyawan. Komitmen seorang wirausaha bertahan dikala usaha terpuruk itu tidak musah namun jika bisa dijalani saya yakin kesuksesan tinggal menunggu waktu. Terima kasih AKM..

Hubungi Kami