Akademi Kewirausahaan Masyarakat (AKM) merupakan program kewirausahaan sosial yang diinisiasi oleh Creative Hub Fisipol UGM (C-Hub Fisipol) dengan memberikan peluang kepada para sarjana muda yang memiliki semangat untuk membangun Indonesia agar dapat berkontribusi dalam pembangunan masyarakat melalui kegiatan kewirausahaan sosial. AKM terdiri dari tiga sub program, yaitu Cloning praktisi socioprenership, Deployment mendampingi masyarakat, dan Off-takers produk/jasa wirausaha.

C-Hub Fisipol merupakan sebuah lembaga yang bertujuan untuk mengembangkan ekosistem pembelajaran transdisipliner dengan semangat inklusif-kolaboratif ABCG (Academia, Business, Community, dan Government) guna mengkreasikan solusi atas berbagai permasalahan sosial yang ada di masyarakat secara kreatif.

Demi mencapai tujuannya, C-Hub Fisipol berusaha untuk mengembangkan program-program yang mampu mendukung terbentuknya ekosistem tersebut. Sehingga dalam pelaksanaannya, C-Hub memiliki dua program utama, yaitu Talent Pitching (program inkubasi bisnis sosial) – http://chub.fisipol.ug.ac.id/ dan Akademi Kewirausahaan Masyarakat (AKM).

Sebagai program akademi kewirausahaan sosial bagi para sarjana dari berbagai disiplin ilmu di seluruh Indonesia, AKM menyediakan beberapa program unggulan yang dibagi ke dalam tiga sub program. Pertama Cloning, Cloning Offline yaitu pendidikan sociopreneurship dengan metode tatap muka langsung dengan mentor praktisi bisnis sosial yang akan dilaksanakan di Yogyakarta; Sedangkan Cloning Online merupakan program belajar dengan menggunakan web learning platform AKM.

Kedua Post Cloning atau Deployment, yaitu program pilihan yang bisa diikuti oleh seorang alumnus AKM (disebut Kawan Desa) untuk melakukan pemberdayaan usaha sosial terhadap masyarakat desa dampingan mitra AKM guna menerapkan dan meningkatkan ketrampilan ilmu bisnis sosial yang telah didapatkan. Pada tahap ini Kawan Desa akan mendapatkan pendampingan lanjutan secara langsung dari mentor praktisi dan fasilitator AKM melalui classroom learning platform AKM. Terakhir Off-takers, yaitu membangun jejaring supply-chain antara Kawan Desa (sebutan bagi alumnus AKM) terpilih dan mitra AKM.

Untuk bergabung bersama kami, para calon peserta harus melengkapi beberapa berkas pendukung sebagai persyaratan. Adapun berkas-berkas yang harus dilengkapi sebagai berikut:

  1. Isi secara lengkap form yang ada di https://akmindonesia.org
  2. Jangan lupa untuk mengunggah dokumen yang disyaratkan, yaitu KTP dan Ijazah.
  3. Jangan lupa juga untuk mengisi psikometri!
  4. Selesai! Kamu hanya perlu menunggu pengumuman dari kami.

Untuk mewujudkan cita-cita AKM sebagai ekosistem yang membentuk generasi-generasi muda dengan semangat perubahan, maka kami memiliki beberapa kriteria calon peserta. Adapun beberapa kriteria tersebut di antaranya sebagai berikut :

  1. WNI Lulusan Perguruan Tinggi
  2. Usia 19-30 tahun
  3. Motivasi Tinggi
  4. Kreatif
  5. Komunikatif
  6. Berani Ambil Resiko
  7. Berpengalaman Bekerja Dalam Tim

Pastikan, kamu memenuhi semua kriteria di atas untuk bisa lolos ke tahap pertama dan bergabung bersama AKM untuk membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa wirausaha!

Dalam satu tahun, AKM hanya membuka kesempatan sebanyak tiga kali untuk para calon peserta bisa mendaftar pada tahap Cloning Offline. Untuk waktu pendaftaran tidak ada timeline pasti dan selalu berubah tergantung situasi dan kondisi, sehingga pastikan kamu selalu perbaharui informasi terkini di website dan media sosial resmi AKM! Sedangkan Cloning Online, kamu bisa mengaksesnya kapan saja tanpa ada batasan waktu.

Iya, peserta yang telah dinyatakan lulus tahap Cloning Offline harus mendaftarkan diri kembali untuk mengikuti tahap Post Cloning. Pendaftaran akan dibuka secara khusus kepada Kawan Desa dengan informasi lokasi tempatan dan persyaratan yang disesuaikan dengan kebutuhan mitra AKM.

Meskipun AKM adalah program akademi kewirausahaan sosial, namun kami tidak mewajibkan calon peserta harus memiliki atau sedang menjalankan bisnis sosial. Kami membuka kesempatan bagi seluruh pemuda Indonesia, baik yang sudah memiliki usaha ataupun sedang membangun usaha maupun yang belum memiliki usaha sosial untuk bergabung bersama AKM.